Contoh Proposal Kegiatan Lomba Puisi: Menyalurkan Bakat dan Menumbuhkan Minat Baca Puisi

Sobat ContohPuisi, Apa Kabar?

Mari kita selamatkan puisi dari keterpurukan dengan menggelar acara lomba puisi yang mempertemukan para penyair muda berbakat. Lomba puisi adalah kegiatan yang tidak hanya memperebutkan hadiah-hadiah menarik, tetapi juga menjadi ajang untuk menyalurkan bakat mereka serta menumbuhkan minat baca puisi di kalangan masyarakat. Artikel ini akan menyajikan contoh proposal kegiatan lomba puisi, lengkap dengan panduan menyusun proposal yang baik dan benar.

Contoh Proposal Kegiatan Lomba Puisi

Puisi merupakan salah satu bentuk karya sastra yang indah, yang bisa mengungkapkan perasaan dan pemikiran kita dengan kata-kata yang terpilih. Namun, sayangnya, minat baca puisi di Indonesia terus menurun seiring dengan perkembangan teknologi dan gaya hidup modern. Inilah mengapa kita perlu mengadakan kegiatan seperti lomba puisi untuk menumbuhkan minat tersebut.

Contoh Puisi: Menyongsong Senja πŸŒ‡

Berikut ini adalah contoh puisi yang bisa menjadi inspirasi bagi peserta lomba dalam menulis puisi:

Senja menyapa dengan sinarnya

Balutan warna indah menghiasi langit

Seperti lukisan alam yang tiada tara

Di sini kita berjumpa, tanpa ragu, tanpa batas

Menyongsong senja, kita bermesra

Puisi ini menggambarkan keindahan senja dan momen romantis yang bisa dinikmati oleh dua insan yang sedang jatuh cinta. Dalam lomba puisi, peserta diharapkan mampu mengungkapkan perasaan dan pemikiran mereka dengan imajinasi yang kreatif dan bahasa yang indah.

Panduan Menyusun Proposal Kegiatan Lomba Puisi

A. Latar Belakang

Pada bagian ini, Anda dapat menjelaskan mengapa kegiatan lomba puisi perlu diselenggarakan, seperti minat baca puisi yang menurun dan kebutuhan akan sorotan terhadap puisi sebagai bentuk sastra yang indah.

Baca Juga :  Puisi Guru Singkat 4 Bait

B. Tujuan

Tujuan penyelenggaraan lomba puisi dapat beragam, mulai dari menumbuhkan minat baca puisi, mencari bakat-bakat penyair muda, hingga mengenalkan puisi sebagai ungkapan perasaan dan pemikiran yang mendalam.

C. Mekanisme Kegiatan

Pada bagian ini, jelaskan mengenai tahapan dan prosedur pelaksanaan lomba puisi, seperti pendaftaran, seleksi pra-lomba, pelaksanaan lomba, dan penilaian.

D. Jadwal Pelaksanaan

Susunlah jadwal pelaksanaan lomba puisi secara rinci, mulai dari waktu pendaftaran hingga pengumuman pemenang dan penyerahan hadiah.

E. Anggaran

Rincian anggaran yang dibutuhkan untuk kegiatan lomba puisi, seperti biaya untuk hadiah, konsumsi peserta, dan kebutuhan lainnya.

F. Sponsorship

Jika ada rencana untuk mencari sponsor, jelaskan mengenai manfaat yang akan diperoleh oleh sponsor tersebut dan bagaimana aktivitas mereka akan diintegrasikan dalam kegiatan lomba puisi.

G. Evaluasi dan Monitoring

Tetapkanlah metode dan kriteria untuk mengevaluasi keberhasilan kegiatan lomba puisi dan memberikan umpan balik kepada peserta serta mengawasi seluruh pelaksanaan kegiatan.

Tabel Perbandingan Puisi Berkat Karya Pemuda

Judul Puisi Penyair Tahun Terbit Gaya Puisi
Menyongsong Senja Dewi Permata 2021 Puisi Romantis
Mimpi di Musim Semi Adi Rahman 2020 Puisi Simbolis
Bunga-Bunga Pagi Siti Nurul 2019 Puisi Alam

FAQ (Pertanyaan yang Sering Ditanyakan)

Q: Apakah lomba puisi hanya untuk penyair profesional?
A: Tidak, lomba puisi terbuka untuk siapa saja, termasuk para pemula atau mereka yang baru belajar menulis puisi. Tujuannya adalah untuk menumbuhkan minat baca puisi dan menemukan bakat-bakat tersembunyi di kalangan masyarakat.

Q: Berapa batas usia peserta lomba puisi?
A: Tidak ada batasan usia peserta lomba puisi. Baik anak-anak, remaja, maupun dewasa dapat ikut serta dalam lomba ini.

Q: Apakah lomba puisi hanya diikuti oleh individu atau bisa juga berupa kelompok?
A: Lomba puisi dapat diikuti baik oleh individu maupun kelompok. Jika mengikuti sebagai kelompok, setiap anggota kelompok harus aktif berkontribusi dalam menciptakan puisi yang akan dibacakan.

Baca Juga :  Contoh Syair Bersajak AAAA untuk Sobat ContohPuisi, Sobat Pintar, Sobat Cantik, dan Sobat Beriman

Kesimpulan: Menghidupkan Kembali Kesenian Puisi

Dalam era digital seperti sekarang ini, kegiatan membaca puisi seringkali terlupakan. Namun, dengan menyelenggarakan lomba puisi, kita bisa menghidupkan kembali kesenian ini dan menciptakan minat baca puisi di kalangan masyarakat. Melalui contoh proposal kegiatan lomba puisi ini, kita diharapkan mampu menjalankan acara lomba dengan sukses, menemukan bakat-bakat baru, serta memberikan wadah bagi para penyair muda untuk berikhtiar dalam mengekspresikan perasaan dan pemikiran mereka melalui karya puisi.

Video : Contoh Proposal Kegiatan Lomba Puisi: Menyalurkan Bakat dan Menumbuhkan Minat Baca Puisi

Check Also

Contoh Puisi Parafrase: Menyelami Kecantikan Kata dalam Ekspresi Lain

Sobat ContohPuisi, Selamat Datang di Dunia Sastra yang Menawan Apakah kamu seorang pencinta puisi? Atau …

Contoh Puisi tentang Global Warming

Pengantar Sobat ContohPuisi, selamat datang di web kami yang bertema niche tentang puisi. Pada kesempatan …